Sunday 10 December 2017

4 cara memasukan javascript di html



1. Memasukkan Javascript Menggunakan LinkExternal
   Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memasukkan script javascript diHTML yaitu dengan menggunakan link external.Kalian bisa memasukkan tag tersebut pada bagianhead ataupun pada akhirbodypada file HTML kalian. Kalian bisa menggunakan tag HTML yaitu:
<scriptsrc=”link file js“>
</script>.
Maskud darilink file js adalah link file javascript kalian yang kalian upload pada sebuah server. File Javascript yang kalian upload sebaiknya berekstensi .js seperti animasi.js, sticky.js, dll agar mudah di kenali jenisfile tersebut. kemudian untuk menggunakan script javascript tersebut kalian hanya perlu menggunakan tag <script> seperti contoh berikut:
<head>
<title>4 Cara Memasukkan Javascript Pada HTML</title>
<metacharset='utf-8'><scriptsrc='suratlewat.com/js/animasi.js'>
</script>
</head>
perhatikan bahwa penulisan tag<script>diatas ditutup dengan tag</script>. Kalian juga bisa menutup tag <script> dengan cara sederhana berikut yaitu:
<scriptsrc=’suratlewat.com/js/animasi.js’/>
2.Memasukkan Javascript Langsung Pada HTML (Internal)
Cara kedua yang dapat kalian lakukan untuk memasukkan javascript pada HTML yaitu dengan memasukkan kode javascript langsung pada HTML dengan di bungkus oleh tag<script>dan</script>. Penempatan kode ini biasanya terdapat pada bagian<head>atau pada akhir tag</body>suatu halaman. Contoh penulisan javascript secara internal yaitu:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>internal javascript</title>
<script>alert('Latihan Internal javascript');</script>
</head>
</html>
   3. Memasukkan Javascript MenggunakanEvent Handler(Inline)
     Cara ketiga yang dapat kalian lakukan untuk memasukkan javascript pada html yaitu dengan menggunakan Event Handlerlangsung pada tag HTML yang bersangkutan.
Secara sederhana, event handler adalah pemanggilan kode javascript ketika “sesuatu” terjadi pada tag HTML. Penempatan kode ini bisa dimana sajatergantung pada elemen HTML yang ingin ditambahkan kode Javascript.“sesuatu” disini seperti ketika sebuah paragraf di klik, di klik kanan, di arah mouse, atau lain-lain. Event handler dalam javascript diketik dengan penambahan kataon. Contoh ketika sebuah elemen di klik, maka kodenya menjadionclick.Contoh, ketika sebuah tombol di klik kita ingin menampilkan peringatan, maka kodenya seperti berikut:
<!DOCTYPEhtml>
<html>
<head>
<title>Inlinejavascript</title>
</head>
<body>
<h1>BelajarInlineJavascript</h1>
<buttononclick="alert('Hello world')">KlikDisini</button>
</body>
</html>
     4.Memasukkan Javascript Menggunakan URL
       Cara terakhir yang dapat kalian lakukan untuk memasukkan javascriptpada HTML yaitu dengan menggunakan URL(href:=’javascript:’). Karena caranya yang kuno, metode ini sangatjarang digunakanoleh kalangan web developer. Tetapi kita akan membahas cara menggunakanya untuk menambah ilmu pengetahuan :P.Cara ini digunakan dengan menambahkan kode javascript ke dalam alamathref pada tag HTML. Cara ini dapat juga disebut dengan javascript protokol. Disebut begitu karena kita mengganti alamat link dariyang biasa menggunakan protokolhttp://menjadi protokol javascript. Contoh penggunaanya sebagai berikut:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>URLJavaScript</title>
</head>
<body>
<h1>URLJavaScript</h1>
<ahref="javascript:alert('Hello Wo
rld!!')">KlikDisini</a>
</body>
</html>
Load disqus comments

0 komentar