Sunday 25 March 2018

Fiber Optic pengertian definisi

            
Serat optik adalah salah satu media transmisi yang dapat menyalurkan informasi dangan kapasitas besar dengan kehandalan yang tinggi. Berlainan dengan media transmisi lainya, maka pada serat optic,glombang pembawa bukan glombang elektromagnet atau listri,akan tetapi sinar atau chaa laser.

pada serat optik, sinyal digital data transmisikan dengan menggunakan glombang cahaya sehinga ukup aman untuk pengiriman data karna tiak bisa di-tap ditengah jalan sehingadata tidak bisa dicuri orang di tangah transmisi.lain halnya dengan kabel coaxialdan twisted pair. keungulan dari fiber optic ini adalahdari segi kecepatan yaitu 100 Mbps sampai dengan 200,000 Mbps berdasarkan pengujian yang telah di lakukan dilaboratrium.

 








serat optic berdiameter sangat tipis , antara 2-125 um,berbagai bahan kaca dan plastic dapat digunakan untuk membuat serat optic , yang terbaik dan memiliki loss terkecil adalah megunakan serat ultra pure fused silica .Bahan tersebut sangat sulit di produksi ,karna itu di gantikan oleh bahan lain yang memiliki loss yang lebih besar masih dapat di toleransi yaitu bahan plastic dan campuran kaca.

serat optic berbentuk dlinderis dan terdiri dari 3 bagian core,cladding dan jacket. core adalah bagian terdalam an terdiri dari satu atau lebih .Tiap serat tersebut di kelilingi oleh clading dan kemudian ditutup oleh coating . bagian terluarjacket yang bertugas melindungi serat optic dari kelembaban, abrasi dan kerusakan.

sistem transmsi optic mempunyai tiga component utama yaitu media transmisi, sumber cahaya dan detector. sebagai media trans misidigunakan serat kaca yang sangat halus  atau silika yang terfusi.sumber cahaya dan dapat memanfaatkan light emitting code atau laser diode ke di mana dapat memancarkan pulsa cahaya apabila deberiakn arus listrik.






Load disqus comments

0 komentar