Sunday 10 December 2017

Deklarasi Variabel javascript


Dalam javascript, setiap kali akan menggunakan variabel, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendeklarasikan keberadaan nama variabel. Hal ini perlu dilakukan karena dengan adanya deklarasi nama variabel, computer akan menyediakan beberapa bagian memori untuk menyimpan nilai pada nama variabel tersebut. Untuk mendeklarasikan variabel digunakan kata var. Dalam mendeklarasikan nama variabel ada beberapa aturan yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Nama variabel harus dimulai dengan huruf
2. Nama variabel juga dapat dimulai dengan $ dan _
3. Nama variabel adalah casesensitive (memperhatikan besar kecilnya huruf).
4. Jangan menggunakan Reserved Word atau kata tercadang sebagai nama variabel. Kata tercadang adalah kata yang sudah built in dalam javascript yang sudah bermakna khusus. Penggunaan kata tercadang ini akan mengakibatkan error.

Contoh 1
var namakota;
namakota=“Malang”;

Contoh 2
var namakota=“Malang”;

Contoh 3
var namakota=“malang”, propinsi=“Jawa Timur”, kode=”3” , x =6.23 ;

Pada contoh 1 di atas, dideklarasikan variabel namakota. Pada awal pendeklarasian, nilai dari variabel namakota adalah null (kosong). Kemudian variabel namakota diberi nilai Malang. Untu memberikan nilai pada suatu variabel digunakan tanda petik dua (“) apabila tipe datanya berupa string. Pada contoh 2 mendeklarasikan variabel namakota yang sekaligus memberi nilai pada variabel namakota. Contoh 3 di atas mendeklarasikan beberapa variabel sekaligus. Untuk mendeklarasikan beberapa variabel digunakan tanda koma (,) untuk memisahkan variabel satu dengan yang lainnya.
Load disqus comments

0 komentar