Sunday 10 December 2017

Tipe data Integer atau bilangan bulat Dalam BAHASA C++


Program Komputer merupakan kumpulan potongan data dan memanipulasi data tersebut dalam berbagai cara. Ada berbagai jenis data dalam bidang informasi, misalnya: bilangan, terdapat bilangan bulat dan bilangan pecahan, ada bilangan positif dan negative, dan ada pula bilangan besar serta bilangan kecil dan lain-lain, atau bahkan bilangan yang tidak memiliki nama.

Kemudian ada juga informasi tekstual, misalnya Nama dan alamat, maka data seperti ini akan disimpan sebagai karakter. Bila programmersmenulis sebuah program, makasharus menentukan jenis informasi yang digunakannya. Jika menulis sebuah program untuk menentukan jauhnya berapa mil dari bumi ke bintang, maka diperlukan variabel yang dapat menampung jumlah yang sangat besar. Jika Anda sedang merancang perangkat lunak untuk merekam sebuah dimensi mikroskopis, maka hanya perlu untuk

menyimpan data yang sangat kecil dan angka sesuai. Sebagai tambahan, jika Anda menulis sebuah program yang harus melakukan ribuan perhitungan intensif, maka akan menginginkan variabel yang dapat diproses dengan cepat. Tipe Data variabel inilah yang akan menentukan semua factor tersebut.
Bahasa C++ menyediakan berbagai tipe data, yang secara garis besar hanya dibagi menjadi dua yaitu: data numerik dan karakter. Numerik merupakan tipe data yang dibagi menjadi dua kategori yaitu: integer dan floating-point. Integers adalah bilangan yang meliputi seluruh nomor seperti 12, 157, -34, 2 daln lain sebagainya. Floating-point merupakan angka yang ada angka decimal di belakang koma, misalnya 23,7, 189,0231, 0,987 dan lain sebagainya.

Sebelum kita membicarakan tipe data karakter, mari kita hati-hati memeriksa variasi dari data numerik. Pertimbangan utama untuk memilih tipe data numerik adalah:

  • Angka Terbesar dan terkecil yangddapat disimpan dalam variable.
  • Berapa banyak memori yangddigunakan oleh variabel.
  •  Apakah variabel menanganidpenyimpanan (baik positif maupundnegatif) atau bilangan unsigned (hanya positif).
  •  Bilangan decimal merupakan variabel yang presisi Ukuran variabel adalah jumlah byte memori yang digunakan. Biasanya, semakin besar range variable, maka jumlah yang digunakan akan lebih besar pula.
 contoh program

#include <iostream>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include <windows.h>
using namespace std;
int main()
{
    printf("hello world\n");
    system("pause");
    int a,b,c;
    printf("\n");
    printf("\n");
    printf("masukan bilangan pertama = "); cin>>a;
    printf("masukan bilangan kedua   = "); cin>>b;
    printf("------------------------------ x \n");
    printf("                  hasil  = ");cout<< a*b<<endl;
    system("pause");
}

Load disqus comments

0 komentar