Sunday 10 December 2017

sejarah javascript


Javascript adalah bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang nantinya berubah nama menjadi Livescript, dan akhirnya menjadi Javascript.

Ide inilah yang kemudian membawa Netscape untuk pertama kali mulai menggunakan Java sevagai fondasi bahasa "interaktif" mereka. Akan tetapi, terdapat suatu kesulitan, karena Java adalah sebuah bahasa yang masih membutuhkan suatu plug in khusus ketika diimplementasikan pada sebuah halaman web. Setiap kali halaman web diakses oleh pengguna, jika sistem tidak menemukan plugin yang dibutuhkan, maka browser akan mendownload plugin tersebut, selama proses download, halaman web tidak akan ditampilkan, selama proses download belum selesai, jadi waktu loading halaman web sangat lama. Selain itu, dibutuhkan sumber daya jaringan dan komputer yang besar dari pengunjung untuk mendownload dan menjalankan plugin tersebut.

Kemudian Brendan Eich membuah bahasa scripting yang berbasis pada Java, dengan tujuan membuat halaman web menjadi interaktif, namun tidak membutuhkan plugin khusus untuk menjalankan scripting tersebut. Navigator sebelumnya telah didukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama Livescript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama Javascript, walaupun tidak ada hubungannya antara bahasa pemrograman Java dengan Javascript.

Load disqus comments

0 komentar