Sunday 10 December 2017

Pengertian javascript


Javascript adalah bahasa pemrograman yang popular. Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk HTML dan WEB, untuk Server, PC, Laptop, tablet dan lebih banyak lagi. Kode pemrograman javascript dapat disisipkan kedalam halaman HTML.

 Pada awalnya, JavaScript mulai diperkenalkan di browser Netscape Navigator 2. Namun waktu itu namanya bukan JavaScript, namun LiveScript. Mengingat pada waktu itu teknologi Java sedang panas-panasnya atau sedang tren, maka pihak Netscape memutuskan untuk mengganti namanya menjadi JavaScript, yang sepertinya nama tersebut lebih marketible dibandingkan LiveScript. Selanjutnya pihak Microsoft (rival Netscape) pun mulai ikut-ikutan memfasilitasi web browser buatannya, ‘Internet Explorer’, supaya bisa mendukung JavaScript. Namun mungkin karena gengsi, pihak Microsoft memberi nama bahasa yang lain, yaitu Jscript.

Mulai saat itu, Netscape dan Microsoft mulai berlomba-lomba mengembangkan bahasa tersebut dalam versi yang berlainan. Oleh sebab persaingan itulah terkadang suatu JavaScript mungkin bisa bekerja dengan baik di browser Netscape, tapi tidak demqikian halnya di IE, begitu pula sebaliknya.
Load disqus comments

0 komentar