Sunday 10 December 2017

Perbedaan id dan name dalam html


Dua atribut HTML ini (id dan name) mungkin sedikit bikin bingung karena kurang mengetahui fungsinya. Masing-masing sering digunakan, kadang id dan name digunakan terpisah dan sering pula digunakan bersamaan. Apa Perbedaan id dan name dalam html dan kapan menggunakan id dan kapan menggunakan name?

Kita mulai dengan contoh penggunaan atribut id dan name pada halaman web.

<div id="menu">Contoh penggunaan id pada div</div>

<p id="judul">Contoh penggunaan id pada paragraf</p>

<input type="text" name="nama" />

<input type="text" name="nama" id="nama" />

Bisa kita lihat pada contoh diatas, ada beberapa model penggunaan id dan name. Untuk 2 contoh yang diterapkan pada tag div dan p, tujuanya adalah memberikan identitas unik pada tag tersebut agar tampilanya bisa diatur dengan css. Sedangkan pada contoh berikutnya name digunakan pada tag objek form dengan tujuan memberi nama unik yang bisa diakses melalui server side seperti php.

Perbedaan id dan name dalam html :

id memiliki ruang lingkup kerja sebuah halaman dan lebih dikhususkan untuk ditangani dengan css atau javascript, id yang diberikan pada sebuah tag/objek pada sebuah halaman harus unik.

name memiliki ruang lingkup pada sebuah form, tidak diperkenankan terjadi duplikat pada form yang sama. name dikhusukan untuk penanganan dengan metode GET atau POST pada saat sebuah form dikirim ke sebuah proses dengan pemrograman seperti php.

Semoga bermanfaat
Load disqus comments

0 komentar