Sunday 10 December 2017

Deklarasi Array dalam bahasa c++


Array adalah variabel yang mampu menyimpan sejumlah nilai yang bertipe sama. Untuk mendeklarasikan sebuah array, harus disebutkan tipe dari array yang dibuat misalnya int, float atau double dan juga ukuran array. Untuk menentukan ukuran array,perlu ditempatkan jumlah nilai yang dapat disimpan array dalam sebuah tanda kurung kurawal siku yang terletak sesuah nama array.

Deklarasi berikut sebagai contoh untuk menciptakan array bernama skor yang mampu menyimpan 100 skor nilai yang bertipe int.

int skor[100];
 
Pada saat dideklarasikan sebuah array, compiler C mengalokasikan memori yang cukup untuk menampung semua elemen sesuai dengan yang dideklarasikan. Masukan pertama berada pada lokasi
0. Sebagai contoh berdasarkan array skor, pernyataan berikut menugaskan nilai 80 pada elemen pertama dari array.
skor[0] = 80;
Karena elemen pertama dari array dimulai dengan offset 0, maka elemen terakhir dari array adalah
satu lokasi sebelum ukuran array. Berdasarkan array skor diatas, pernyataan berikut menugaskan nilai ke elemen terakhir dari array.
skor[99] = 75; 
Inisialisasi array adalah pemberian nilai default pada array. Pemberian nilai default ini dilakukan pada saat array dideklarasikan. Bentuk umum dari inisialisasi array ini adalah sebagai berikut :


tipe_data nama_array[jumlah_elemen] =
{nilai1,nilai2,…,nilaiN}

Nilai didalam kurung kurawal disebut
dengan Initialization List.
int a[10] = { 0, 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24,
27 };

Smoga bermamfaat

Load disqus comments

0 komentar