Monday 2 January 2017

search engine terbaik

1)  Google.com

Google merupakan mesin pencari terbaik no. 1 dan paling sering digunakan di dunia. Saking populernya, Google sudah menjadi kata umum yang banyak dipakai orang, yaitu googling. Perusahaan Google berasal dari Amerika Serikat yang mengkhususkan diri pada layanan jasa internet yang meliputi mesin pencari, perangkat lunak (software), komputasi web, dan periklanan online. Pendapatan Google berasal dari iklan seperti Google AdWords dan Google Adsense.
 Larry Page dan Sergey Brin, tokoh utama yang melakukan penelitian hingga menemukan mesin pencari yang di kelak kemudian hari bernama Google. Selain sebagai mesin pencari, Google juga menyediakan fasilitas lain yang tak kalah pentingnya, contohnya seperti Gmail, layanan surat elektronik, Blogger, layanan blog gratis, Google Web Masters, Google Map, Google Earth, Google Analytics, Google Picasa, dan lainnya.

2)Yahoo.com

Yahoo! Search merupakan salah satu mesin pencari yang populer yang telah eksis sejak tahun 1995. Mesin pencari ini dirintis oleh David Filo dan Jerry Yang, dua orang lulusan Universitas Stanford yang menuangkan ketertarikan mereka terhadap dunia internet. Yahoo itu sendiri merupakan akronim dari "Yet Another Hierarchical Officious Oracle".

Kini, Yahoo! telah diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia per bulannya. Yahoo mengalami perkembangan yang pesat sebagai salah satu penyedia layanan terbesar di dunia hingga mereka mengakuisi beberapa perusahaan internet lainnya. Lewat akuisisi tersebut, Yahoo mengembangkan layanannya yang meliputi layanan e-mail, layanan berbagi foto Flickr, layanan permainan online Yahoo! Games, dan jejaring sosial  Yahoo! 360°.

3)  Bing.com


Bing meyediakan layanan mesin pencari yang dikelola oleh perusahaan software terkemuka, Microsoft. Mesin pencari ini merupakan pengembangan dari search engine milik Microsoft sebelumnya, yaitu MSN Search, dan Windows Live Search. Bing mulai dirilis tahun 2009 sebagai pengganti Live Search. Dan pada tahun yang sama Microsot bekerjasama dengan Yahoo! untuk memperkuat Yahoo! Search.

4)  Baidu.com

Baidu merupakan mesin pencari paling populer berasal dari China yang namanya diambil dari kutipan sebuah puisi klasik tempo dulu. Robin Li merupakan tokoh pendiri Baidu yang mempunyai misi untuk memberikan cara terbaik dalam mencari informasi.

5)  Ask.com

Sesuai dengan namanya, Ask yang awalnya dikenal dengan nama Ask Jeeves merupakan mesin pencari yang berbasis pada tanya jawab yang dikembangkan oleh Garrett Gruener dan David Warthen di negara bagian Amerika Serikat, California. Ask.com memungkinkan audiens untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

6)  Aol.com

AOL merupakan perusahaan media massa multinasional yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Salah satu layanan yang diberikan oleh AOL yaitu mesin pencari yang dinamakan AOL Search. Ini adalah search engine yang diberdayai oleh Google. Tampilan AOL Search terbilang sangat simple dan bersih sehingga membuat pengunjung merasa nyaman untuk melakukan browsing.

7) .Infospace.com

Infospace merupakan search engine yang bekerjasama dengan dengan Google, Yandex, dan Yahoo! untuk menyediakan daftar informasi yang menggunakan teknologi metasearch.

8) Info.com

Mesin pencari selanjutnya adalah Info.com yang mengumpulkan informasi website yang telah terindeks. Info.com merupakan search engine yang bisa menampilkan pencarian dari search engine terkemuka yang lain seperti Google dan Yahoo! sehingga dapat menghadirkan pengalaman browsing secara komprehensif.

9) DuckDuckGo.com

DuckDuckGo yang didirikan oleh Gabriel Weinberg adalah search engine yang menawarkan privacy pada para penggunanya. Itulah salah satu kelebihan DuckDuckGo yang belum tentu dimiliki oleh search engine lainnya. DuckDuckGo tidak menampilkan profil penggunanya dan hasil pencarian sama antara pengguna satu dengan lainnya.


10)  Dogpile.com

DogPile merupakan search engine yang mengumpulkan hasil pencarian terbaik dari Google, Yahoo!, Yandex, dan mesin pencari populer lainnya. Mesin pencari ini merupakan bagian dari Infospace yang dilengkapi dengan teknologi metasearch sehingga hasil pencarian lebih cepat.

11) Yandex.ru

Yandex merupakan salah satu perusahaan internet terbesar di Eropa yang berasal dari Rusia. Mesin pencari ini adalah yang paling populer di Rusia yang menghasilkan lebih dari 50% traffic pencarian. Yandex itu sendiri merupakan akronim dari"Yet Another iNDEXer".

12)  Alhea.com

Search engine Alhea menampilkan beragam informasi berupa daftar situs atau website yang dikumpulkan dari mesin pencari populer lainnya. Situs-situs yang ditampilkan adalah yang terpopuler baik yang bersifat komersial maupun non komersial (organis).

13) SIxquick.com

Mesin pencari yang berbasis di New York dan Belanda ini mengedepankan privacy para penggunanya. Mereka menghapus beberapa fitur seperti profil detail pengguna, IP address, dan informasi pribadi lainnya dan tidak membagikan informasi tersebut kepada mesin pencari lainnya untuk memastikan privacy. Pada tahun 2009, Ixquick meluncurkan situs pencari bernama StartPage.com dengan pertimbangan agar lebih mudah diingat oleh penggunanya.

14)  ChaCha.com

ChaCha adalah mesin pencari dengan format tanya-jawab (question & aswers) yang bersifat interaktif. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan yang akan dijawab oleh semacam guide yang telah terdaftar di situs ChaCha.

15) WaybackMachine.org

WayBack Machine merupakan semacam arsip digital yang dikembangkan oleh Internet Archive, sebuah lembaga non profit yang berbasis di Amerika Serikat.

16)  Naver.com

Jika di belahan dunia yang lain orang lebih mengenal Google sebagai mesin pencari terpopuler, tidak di Korea Selatan. Naver adalah rajanya search engine di wilayah Korea Selatan yang menguasai lebih dari 70 persen pencarian di internet.

17) Ecosia.com

Mesin pencari Ecosia ini sangat unik. Ia tidak hanya berfungsi hanya sebagai mesin pencari saja, namun juga mempunyai misi untuk melestarikan lingkungan. Bagaimana caranya? Yaitu, setiap pendapatan Ecosia yang diperoleh dari iklan pencarian akan digunakan untuk menanam pohon. Kehadiran search engine sangat memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan dan cukup menghemat waktu. Sobat tidak perlu merasa kebingunan lagi, dengan adanya search engine selama mengetahui tips pencarian informasi yang efisien. Caranya, yaitu dengan mengetikkan kata kunci tertentu untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. (bitebrands)
Load disqus comments

0 komentar